Senin, 09 Januari 2012

Menulis: Tugas Mengarang


Kerangka Karangan:

1.       Kurangnya Pendidikan di Indonesia
2.       Faktor – faktor kurangnya pendidikan di Indonesia
3.       Akibat dari kurangnya pendidikan di Indonesia
4.       Solusi masalah kurangnya pendidikan di Indonesia

Kurangnya Pendidikan di Indonesia

                Indonesia dewasa ini sudah merupakan negara yang diperhitungkan perkembangan Sumber Daya Alamnya, tetapi dalam bidang pendidikan Bangsa ini masih sangat tertinggal jauh dengan yang lainnya. Kita saat inimenduduki peringkat dua dari bawah di Dunia mengenai mutu pendidikannya. Dan yang lebih memalukan lagi, kita masih kalah dengan Malaysia. Negara tetangga yang selalu bermusuhan di bidang budaya tersebut.
                Banyak sekali faktor – faktor yang menyebabkan masalah ini terus mengalami penurunan. Ada beberapa faktor yang menyebabkan ini etrjadi, yaitu : yang datang dari diri sendiri, pengaruh lingkungan, pengaruh dari cara pergaulan, masalah ekonomi, hingga kurangnya perhatian dari pemerintah itu sendiri.
                Semua faktor – faktor di atas berakibat atau berdampak kepada pendidikan itu sendiri. Hal ini terbukti dengan banyaknya kriminalitas, banyaknya pengangguran, banyaknya anak – anak jalanan, banyaknya anak – anak putus sekolah, dan ketidak tahuan mereka mengenai kehidupan yang lebih layak dari pendidikan tersebut.
                Masalah tersebut sebenarnya mampu ditangani. Bagaimana caranya ? itulah yang menjadi PR penting bagi kita semua. Ada banyak cara mengatasinya misalnya dengan kita mengadakan sosialisasi kepada rakyat mengenai pentingnya pendidikan, terus sebagai mehasiswa kita adakan sebuah persatuan Mahasiswa Mengajar yang tertuju kepada anak – anak jalanan, gelandangan, serta masyarakat miskin. Tidak hanya itu sebenarnya yang lebih dahulu di tertibkan adalah kepercayaan diri sendiri serta peran serta orang tua untuk mengarahkan kepada anaknya agar mau bersekolah. Hal penting berikutnya adalah pemerintah harus lebih peduli lagi terhadap rakyatnya yang kurang pendidikan.

Oleh: Rizal Ariffin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komen mu adalah penilaian untuk ku...